• Fri. Jul 30th, 2021

Jagad Viral

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Pertamax Plus Kini Diganti Menjadi Pertamax Turbo, Apa Bedanya?

Byviraljagad

Apr 9, 2021

 

Perusahaan Pertamina sudah kurang lebih satu tahun ini secara resmi mengganti bahan bakar Pertamax Plus menjadi Pertamax Turbo. Lantas tahukah Anda perbedaan dari kedua bahan bakar Pertamax Plus dan Pertamax Turbo?

Sebagai produsen bahan bakar minyak dalam negeri, perusahaan milik BUMN ini, Pertamina selalu berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyrakat Indonesia. Begitu banyak perkembangan dan inovasi yang dilakukan Pertamina sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara ini. Inovasi yang terbaru dilakukan oleh Pertamina adalah mengganti Pertamax Plus menjadi Pertamax Turbo.

Alasan yang dibeberkan oleh Pertamuna yaitu untuk memberikan layanan kepada masyarakat terhadap bahan bakar minyak yang lebih bagus untuk digunakan pada kendaraan bermotor. Lantas, apa saja yang dikembangkan dan disematkan pada bahan bakar pertamax turbo sebagai alternatif pengganti dari bahan bakar minyak pertamax plus.

Ada dua poin identik yang membedakan kedua bahan bakar pertamax turbo dan pertamax plus. Nah untuk mengetahuinya, yuk simak penjabarannya berikut ini.

Research Octane Number (RON) yang semakin meningkat

Research Octane Number atau RON adalah pembeda yang signifikan antara pertamax turbo dan pertamax plus. Pada bahan bakar pertamax plus, Research Octane Number atau RON nya berada di angka 95. Sementara untuk bahan bakar minyak terbaru ini RON nya berada di angka 98. Tentu ini mengalami peningkatan yang bagus.

Peningkatan pada RON tersebut sangat memberikan pengaruh terhadap tekanan pada mesin kendaraan bermotor. Tekanan ini untuk membakar bahan bakar minyak menjadi tenaga supaya kendaraan motor bisa bergerak dan berpacu dalam kecepatan yang diinginkan.

Semakin tinggi RON, maka tekanan yang dihasilkan pada mesin kendaraan akan semakin berkurang. Alhasil bisa mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada mesin kendaraan. Maka boleh dikatakan bahwa bahan bakar Pertamax Turbo ini jelas mengalami peningkatan dan perkembangan dari bahan bakar minyak pendahulunya.

Teknologi Ignition Boost Formula (IBF) yang berbeda

Beberapa dari anda mungkin ada yang belum mengetahui tentang teknologi Ignition Boost Formula (IBF). Teknologi IBF ini merupakan formulasi yang terbaru yang digunakan untuk membuat pembakaran bahan bakar minyak menjadi lebih optimal. Dengan demikian, kecepatan, akselerasi, serta daya tahan mesin kendaraan akan menjadi lebih bagus.

Hal tersebut yang membedakan antara bahan bakar minyak Pertamax Turbo dengan bahan bakar minyak Pertamax Plus. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Pertamina, bahwa bahan bakar minyak Pertamax Turbo ini telah menggunakan teknologi Ignition Boost Formula (IBF). Maka tak heran jika harga Pertamax Turbo sedikit lebih mahal.

Untuk anda yang menggunakan bahan bakar minyak Pertamax Turbo tentu akan memperoleh semua kelebihan yang dijelaskan di atas. Nah, sekarang tentu lebih nampak jelas perbedaan antara bahan bakar minyak Pertamax Turbo dan bahan bakar minyak Pertamax Plus.

Beberapa catatan penting, peningkatan RON pada bahan bakar minyak Pertamax Turbo ini tidak bisa digunakan oleh sembarang mesin kendaraan lho. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, bahan bakar minyak pertamax turbo ini sangat dianjurkan untuk mesin kendaraan bermotor dengan kompresi mesin minimum 12:1 atau mesin kendaraan yang menggunakan turbocharger.

Apabila kendaraan bermotor kesayangan anda sesuai dengan kriteria tersebut, tak ada salahnya untuk mencoba bahan bakar minyak Pertamax Turbo. Maka anda akan merasakan sensasi berbeda saat mengendarai kendaraan kesayangan anda. Mesin yang dihasilkan akan bergerak lebih halus dan ringan. Karena keunggulan ini, Pertamax Turbo banyak diminati oleh pengendara dengan mesin kendaraan tinggi kompresi 12:1.