Konsep Renovasi Rumah dengan Teknik Eco Friendly

Saat ini, kesadaran masyarakat semakin tinggi terhadap keberlanjutan lingkungan. Kondisi ini dapat dilihat dari kampanye lingkungan, pengolahan sampah, dan reboisasi. Berbagai inovasi baru dibuat untuk menjaga lingkungan, salah satunya inovasi baru dengan penggunaan semen go green.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Renovasi Rumah Jadi Eco Friendly

Ada banyak cara untuk merenovasi rumah bernuansa eco friendly. Jika Anda tertarik menuangkan teknik eco friendly pada renovasi rumah, simak ulasan berikut ini.

  • Material

Material adalah bahan dasar yang akan mempengaruhi kekuatan dan kestabilan bangunan. Selain dapat menggunakan batu bata sebagai dinding, Anda juga dapat menggunakan semen untuk membangun rumah Anda.

Anda tak perlu khawatir menggunakan semen sebagai material bangunan, karena sekarang ada inovasi baru yang memudahkan Anda menggunakan semen go green.

  • Sirkulasi udara

Sirkulasi udara yang baik akan membuat penghuni nyaman tinggal di rumah. Jika sirkulasi terkendala, Anda akan merasa pengap dan menyebabkan Anda tidak betah di rumah.

Sirkulasi udara dapat diletakkan di bagian atas maupun tengah bangunan. Ada juga rumah yang memiliki ventilasi udara di bagian bawah. Hal ini karena beberapa ahli berpendapat bahwa udara masuk melalui rongga di bawah bangunan.

  • Gunakan panel surya

Untuk mengurangi pemakaian listrik utama, Anda dapat menggunakan panel surya untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Selain meminimalisir pembayaran listrik Anda, penggunaan panel surya sangat ramah lingkungan.

Jika Anda mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan penggunaan panel surya.

  • Membuat sistem resapan dan sanitasi yang baik

Sistem resapan juga perlu diperhatikan saat merenovasi rumah dengan teknik eco friendly. Resapan yang tak teratur akan menyebabkan rumah gampang banjir. Selain itu, sanitasi rumah juga dapat menggunakan teknik biofil agar kotoran maupun limbah terurai alami tanpa bau.

  • Memiliki langit-langit yang tinggi

Langit-langit yang rendah menyebabkan udara di dalam rumah panas, sehingga banyak yang menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Hal ini akan meningkatkan dampak rumah kaca. Jadi untuk membuat rumah yang sejuk dan ramah lingkungan adalah dengan meninggikan langit-langit rumah atau biasa disebut high celling.

Manfaat Gunakan Semen Go Green

Menurut Kompas.com, SCG CBM Indonesia membuat inovasi baru dalam mengurangi emisi dari gas rumah kaca. SCG berhasil membuat semen berkonsep go green bernama Semen SCG PCC yang dapat digunakan untuk segala jenis bangunan. Apa saja keunggulan semen dengan konsep go green ini?

  • Mengurangi sampah

Untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil, SCG mengubah sampah jadi energi baru yang digunakan untuk bahan bakar pembuatan semen. Jadi, SCG turut serta meminimalisir jumlah sampah yang telah meningkat.

  • Ramah lingkungan

Karena pengolahan sampah menjadi energi baru, terutama sampah plastik. Secara tidak langsung semen ini ramah lingkungan karena akan menurunkan penggunaan bahan bakar fosil.

  • Punya sertifikat Green Label Indonesia

Semen berkonsep go green ini telah memiliki sertifikat yang diakui oleh Green Label Indonesia. SCG telah memiliki 85% kriteria penilaian dari GPCI. Kriteria itu berdasarkan manfaat terhadap lingkungan, dampak kesehatan, manufaktur, komposisi bahan, pembuangan produk, dan efisiensi energi

  • ┬áMendukung pemerintah

Semen berkonsep go green ini juga mendukung kegiatan pemerintah yang terkait ketahanan iklim dan pembangunan dengan meminimalisir karbon.

Jagalah bumi dari sekarang untuk anak cucu kita. Mari beralih menggunakan semen go green dengan menggunakan Semen SCG PCC. Kunjungi link berikut ini https://scgcbm.id/ untuk mengetahui lebih banyak tentang produk ramah lingkungan dari SCG.