• Mon. Jun 14th, 2021

Jagad Viral

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

9 Cara Membuat Facebook Ads Lebih Efektif Dan Tepat Sasaran

Sekarang ini, ada berbagai acara digital advertising yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk, bisnis dan juga usaha Anda. Berbagai sosial media kini sudah menawarkan berbagai paket berbayar yang bisa Anda manfaatkan untuk beriklan dengan lebih efektif dan sesuai goal.

Dibandingkan dengan TVC dan juga billboard yang perlahan sudah mulai ditinggalkan, digital advertising memang dinilai sedang jaya-jayanya dan juga lebih hemat di kantong. Namun, tetap saja, walau harganya yang terjangkau, setiap pengiklan harus menetapkan strategi demi mendapatkan aim yang diinginkannya.

Dari berbagai jenis digital advertising, salah satu yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah Facebook Ads. Meski sekarang sudah banyak sosial media, namun Facebook tidak pernah ketinggalan atau ditinggalkan. Nah, untuk Anda yang ingin mulai beriklan di Facebook, yuk perhatikan ideas berikut ini untuk membuat iklan Anda lebih efektif.

Cari tau prime time

Waktu makan siang dan malam hari biasanya menjadi waktu yang paling pas dan tepat untuk beriklan dalam sosial media. Biasanya, kedua waktu tersebut merupakan waktu di mana orang-orang sudah mulai senggang dengan kesibukannya, terutama untuk para pekerja kantoran. Di siang hari, terutama di jam makan siang biasanya orang bersantai sambil bermain sosial media. Sedangkan untuk sore dan malam hari biasanya waktu yang tepat antara pukul 5-7 sore dan juga 9 malam saat orang sedang dalam perjalanan pulang dan juga sudah bersantai dan hendak tidur. Di jam-jam tersebutlah orang-orang cenderung bermain smartphone-nya untuk sekedar membunuh waktu atau mencari informasi dan berita terkini.

Desain yang menarik

Namanya juga dunia digital, tak bisa dipungkiri bahwa desain dan visible menjadi hal utama demi menarik perhatian para pengguna. Untuk membuat iklan Facebook Anda menjadi lebih efektif, pastikan Anda sudah memikirkan dengan matang desain untuk visual iklan tersebut. Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan teknik Carousel Ads yang sekarang sudah tersedia di Facebook yang pastinya bisa membuat iklan Anda menjadi lebih menarik dan juga partaking. Selain bisa mengiklankan beberapa produk Anda dalam satu iklan, teknik inipun juga lebih enjoyable untuk para pengguna!

Untuk membuat desain yang menarik, Anda bisa menggunakan fitur dan jasa foto-foto free of charge yang ada di internet, mulai dari Pixabay, Pexels, Unsplash dan masih banyak lagi. Dengan bantuan stok foto tersebut, Anda bisa lebih mudah membuat desain grafis dan tata letaknya yang lebih menarik.

Engaging namun juga meningkatkan traffic

Salah satu tujuan beriklan memang untuk meningkatkan engagement dan juga consciousness untuk bisnis Anda. Namun, di samping itu, dengan beriklan di Facebook, sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan dua keuntungan, yaitu meningkatkan site visitors web site atau weblog Anda. Salah satu tipsnya adalah dengan mengarahkan iklan tersebut ke situs touchdown web page atau situs internet yang Anda inginkan. Jadi, Anda bisa menuntun langkah pengguna yang tertarik untuk langsung mengambil langkah, entah untuk berbelanja di situs Anda ataupun untuk membaca berbagai artikel atau blog yang ada di situs Anda.

Pastikan target yang tepat

Facebook sudah menawarkan teknik untuk menembak target yang tepat untuk iklan dan bisnis Anda. Dengan menentukan target yang tepat, mulai dari umur, jenis kelamin dan juga lokasi, hal tersebut dapat mengerucutkan kebutuhan Anda untuk mendapatkan target yang tepat untuk bisnis Anda tersebut.

Coba kolaborasi dengan brand lain

Dari sekian banyak tujuan kolaborasi, salah satunya adalah berbagi market, kan? Nah, untuk meningkatkan engagement iklan Anda, tak ada salahnya Anda mencoba untuk berkolaborasi dengan brand lain, baik dalam bentuk promo, voucher, diskon dan yang lainnya. Setelah itu, Anda dan model tersebut bisa bertukar iklan, Anda mengiklankan brand X dan sang brand X mengiklankan model Anda.

Fokus terhadap penawaran

Memang ada berbagai cara yang bisa digunakan dalam beriklan. Anda bisa menawarkan berbagai produk dalam satu iklan, namun juga bisa memfokuskan satu hal dalam satu iklan. Menawarkan berbagai produk atau penawaran dalam satu iklan mungkin menguntungkan untuk Anda dalam segi budget, namun pasalnya, sebagai pembaca, terkadang hal tersebut bisa membingungkan. Untuk langkah awal, usahakanlah untuk hanya mengiklankan satu produka tau satu penawaran dalam satu iklan agar sang pembaca bisa menangkap dengan lebih mudah dan jelas apa yang sedang Anda tawarkan kepadanya.

Coba pendekatan personal

Sebelum Anda memasang iklan, coba tanyakan pada diri sendiri, kira-kira bagaimana teknik yang ampuh yang akan menarik perhatian Anda? Yap, salah satunya adalah pendekatan private. Misalnya dalam dunia brand baju. Anda bisa membuatkan copy yang menghubungkan dengan permasalahan pribadi dan menawarkan solusi yang ampuh, misalnya, Bosan dengan koleksi baju kantoran yang itu-itu saja? Kami memiliki berbagai koleksi mix and match yang membuat penampilanmu jadi lebih hidup. Dengan memberikan pertanyaan dan pendekatan private dengan masalah sehari-hari, Anda lebih mudah mendapatkan perhatian dari para pembaca.

Testimoni dapat menghasilkan iklan yang lebih nyata

Hampir semua orang sudah mengetahui bahwa iklan yang ada di sosial media merupakan rekayasa dengan bahasa yang sudah diatur sebaik mungkin demi mendapatkan perhatian para pembaca. Nah, untuk mematahkan assertion tersebut, Anda bisa menggunakan pendekatan yang lebih nyata yaitu mencantumkan berbagai testimoni atau potongan pendapat atau kata dari para buyer Anda. Dengan begitu, calon customer lain akan merasa lebih yakin dan tertarik dengan pendapat orang lain tersebut.

Jangan lupa CTA!

Mungkin pernyataan penawaran Anda sudah cukup jelas di dalam iklan tersebut, namun apakah CTA (call to action)-nya sudah jelas? Dalam digital advertising, CTA merupakan teknik yang juga penting untuk mendapatkan aim yang Anda inginkan. Walaupun terlihat sederhana dan sepele, namun CTA nyatanya bisa membawa banyak pengguna, customer dan juga member baru di bisnis dan brand Anda. Jadi, setiap kali Anda beriklan, jangan lupakan CTA yang engaging di akhirnya. Bahkan, sekedar, “cari tahu yuk!” atau “dapatkan diskon Anda sekarang!” akan membawa banyak perubahan besar lho!

Nah, itu dia berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk beriklan di Facebook yang lebih efektif dan menghasilkan. Facebook sekarang ini sudah menawarkan banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah proses beriklan dengan goal yang lebih pas. Oleh karena itu, sangat penting hukumnya untuk terus selalu update dengan fitur dan teknik terkini untuk membuat iklan Anda lebih maksimal. Selamat beriklan…