• Tue. Jun 15th, 2021

Jagad Viral

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

9 Cara Maksimalkan Bisnis Menggunakan Facebook

Facebook merupakan media sosial yang paling dekat dikalangan manusia di Era ini termasuk Negara Indonesia merupakan masyarakat pengguna fb terbesar didunia hingga mencapai 60 juta pengguna diawal tahun 2014. Banyaknya jumlah pengguna fb di Indonesia tentunya banyak potensi yang bisa kita gali dari fb, diantaranya untuk kepentingan dalam memaksimalkan usaha atau bisnis.

Hal ini terbukti dengan banyaknya pebisnis dan pemasar yang memaksimalkanbisnis menggunakan fb. Strategi pemasaran ini merupakan salah satu strategi pemasaran dengan harga terjangkau dan efektif jika kita mengerti cara memaksimalkannya.

Nah, Bagaimana sih caranya memaksimalkan bisnis menggunakan fb? Simak tipsnya berikut ini

9 tipsbisnis menggunakan facebook:

1. Gunakan Facebook Fanspage Bukan Facebook Personal

Langkah awal untuk menjalankan strategi pemasaran bisnis mengunakan fb adalah mengetahui karakteristik fb itu sendiri. Didalam facebook terdapat facebook private dan fanspage. Untuk pemasaran by way of Facebook, gunakanlah fanspage bukan Facebook private.

Mengapa fb fanspage? Hal ini dikarenakan fb personal terbatas hanya bisa menampung 5000 friends, lain halnya dengan facebook fanspage, fanspage bisa menampungfriends dalam bentuk like tidak terbatas, sehingga tidak aneh ada akun merek atau public figure difanspage yang memiliki jumlah like mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

2. Gunakanlah Fitur Penjadwal Status Otomatis

Gunakan fitur yang disediakan Facebook, fitur ini adalah fitur penjadwal standing secara otomatis. Kita bisa gunakan fitur replace status terjadwal ini untuk memudahkan update standing di Facebook saat kita sibuk. Fitur ini adalah fitur penjadwal otomatis yang berfungsi untuk memudahkan proses update standing.

3. Buatlah Perencanaan Konten Facebook

Tips yang penting untuk memaksimalkan facebook advertising adalah dengan membuat perencanaan konten. Konten yang terencana membantu pemasar atau pebisnis untuk menentukan arah strategi konten pemasaran yang akan dilakukan melalui Facebook. Beberapa contoh perencanaan konten tersebut bisa berisi kapan status akan dipublish serta isi statusnya.

Berikut ini beberapa standing yang bisa dibuat untuk Facebook advertising, misalnya status updateyang bermanfaat : Berisi tips, link artikel, kutipan, gambar yang menarik dan berbagai artikel bermanfaat. Kemudian standing berisi produk-produk yang dijual ataupun status update tentang produk atau promo terbaru.

4. Gunakan Facebook Ads (Iklan Facebook)

Kita bisa menggunakan fitur fb Ads dengan harga terjangkau untuk meningkatkan jumlahlikes dari fanspage kita. facebook Ads ini sangat berguna untuk mengiklankan produk kita ke goal market yang tersegmen misal wanita/pria, usia tertentu, area tertentu, dll.

5. Lakukan Percakapan

Aktiflah membangun percakapan dengan followers kita, percakapan penting untuk membangun relasi dengan calon konsumen. Jika ada pertanyaan, responlah maksimal 1—12 jam.

6. Lakukan Pengukuran Efektivitas (Measurement)

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah perlunya melakukan pengukuran secara rutin, fitur pengukuran (measurement) ini dapat ditemukan di bagian kanan atas (view perception) dari tampilanfanspage kita. Pengukuran ini sangat penting untuk evaluasi, serta berperan untuk mengukur sejauh mana efektivitas strategi pemasaran yang sudah kita lakukan melalui fb.

7. Fokuslah Untuk Memperbesar Like

Fokuslah untuk memperbesar like. Jumlah like adalah jumlah calon konsumen kita. Semakin besar jumlah like kita maka semakin besar calon pembeli kita. Buatlah target jumlah like yang ingin kita peroleh, kemudian jangan lupa lakukan monitoring, pastikan target yang kita buat dapat tercapai.

8. Mulailah Untuk Jualan dengan Facebook

Untuk jualan, kita bisa menggunakan banner fanspage, standing gambar. Pastikan jika ada promosi produk, gambar atau posternya harus jelas dan juga yang tidak boleh dilupakan adalah adanya data kontak informasi yang bisa dihubungi oleh calon pembeli.

9. Lakukan Facebook Marketing dengan Konsisten

Hal yang penting dalam strategi pemasaran melalui social mediafacebook ini adalah kita harus konsisten untuk replace status. Berdasarkan riset mashable serta pengalaman kami menghandleklien, jumlah efektif update status adalah four-6 standing per hari.

Permasalahan yang kerap dialami oleh pebisnis pemula adalah seringnya tidak konsisten saat menjalani strategi facebook advertising. Salah satu solusi yang bisa dilakukan agar kita konsisten menjalankan facebook marketing adalah perlunya rekrutmen orang khusus atau tim yang nantinya akan bertanggung jawab menangani facebook kita.

Demikian tips yang dapat saya share. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda terutama bagi Anda yang tengah merintis karirnya dalam berbisnis.