• Tue. Jun 15th, 2021

Jagad Viral

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Tips Jualan Online Yang Bisa Diikuti Oleh Pemula

Bisnis online memberikan kemudahan bagi semua orang untuk bisa berjualan tanpa modal besar. Tak perlu dana untuk sewa toko atau promosi yang sangat membebani bagi pengusaha yang baru merintis. Meski demikian, kamu butuh tips jualan online yang jitu agar bisa mendapatkan omzet memuaskan.

Sekarang ini orang bisa memulai bisnis dengan mudah lewat bantuan internet. Tersedia media yang sangat luas dan fleksibel untuk menjual produknya. Kamu bisa memilih berjualan online dengan promosi di media sosial atau membuka online shop di berbagai e-commerce yang sedang marak di Indonesia.

Kalau punya dana berlebih, tak ada salahnya membuat website untuk menginfokan produk jualanmu. Tinggal pilih salah satu yang paling sesuai dengan kondisimu. Keberadaan internet memang membuat para pengusaha jadi lebih mudah untuk promosi ke orang-orang tentang barang jualannya.

Tips Jualan Online Agar Omzet Melimpah

Bisnis online sudah beberapa tahun ini menjadi lahan basah untuk meraih rezeki. Banyak orang memutuskan untuk mencoba peruntungan bisnisnya dengan menjajal bisnis lewat bantuan web. Berjualan online memang mudah, tak perlu tempat jualan khusus cukup promosi di internet saja.

Kamu bisa membuat produk dan menawarkannya baik secara berkala maupun kontinyu. Ada banyak pilihan yang bisa diterapkan untuk mendukung seseorang merintis bisnis online. Tak heran kini ada banyak sekali seller online di Indonesia.

Banyaknya pedagang online ini tentu saja berdampak pada tingginya rivalitas pasar. Kamu perlu strategi terbaik agar produkmu yang jadi pilihan konsumen. Persaingan saat ini benar-benar ketat sehingga pemilik usaha perlu memutar otak untuk selalu menjadi yang terdepan.

Optimalisasi digital advertising menjadi senjata utama agar pembeli mampu untuk membedakan kualitas produk yang kita tawarkan. Sayangnya belum banyak pedagang online yang sadar bahwa mereka perlu menerapkan tips jualan online untuk hasil usaha yang lebih baik.

Kebanyakan hanya sekedar mengandalkan promosi media sosial tanpa benar-benar memahami fitur yang tersedia. Ajaib memahami hal ini sehingga telah menyiapkan panduan lengkap agar kamu bisa mengaplikasikan ideas jualan online yang jitu.

Tips yang bakal kami berikan ini sangat penting untuk kamu dan bisa diterapkan secara mudah. Bagi kamu yang baru memulai, suggestions ini berguna untuk membantu memahami dan melatih pola pikir dalam mengelola suatu usaha.

Sedangkan bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam jualan online, tips jualan online ini bisa membantu membuka wawasan kamu tentang tekanan yang ada di dunia maya. Tak perlu lama-lama lagi, ini suggestions jualan online untuk kamu.

Mempersiapkan Mental

Yang paling pertama harus diperhatikan dalam tips jualan online untuk pemula adalah mempersiapkan psychological kamu terlebih dahulu, terutama jika kamu sama sekali belum pernah berbisnis sendiri, baik secara online maupun offline.

Beberapa garis besar yang perlu kamu perhatikan dan pelajari adalah sebagai berikut:
* Karakteristik pembeli online
* Tampilan toko / media online yang digunakan untuk jualan
* Membangun kepercayaan pelanggan atas toko online kamu
* Kualitas Customer Service

Sebenarnya karakteristik dari pembeli online tidaklah jauh berbeda dari pembeli offline biasa, tetapi hal utama yang paling membedakan adalah dua hal, yaitu:
* Kemudahan mereka untuk melihat dan membandingkan banyak toko online yang berbeda (karena hanya tinggal klik tanpa harus berpindah lokasi).
* Tingkat kewaspadaan dan kepercayaan yang lebih tinggi dikarenakan mereka tidak bisa melakukan kontak fisik langsung dengan produk yang akan dibeli.

Faktor Tampilan Toko

Kemudian faktor selanjutnya adalah pada tampilan toko, yang mana hal ini juga akan berpengaruh pada kesan yang akan dirasakan oleh pengunjung toko online milik kamu tersebut.

Pastikan tampilan toko, terutama apabila kamu membangun website sendiri, memenuhi beberapa syarat seperti:
* Navigasi mudah, pelanggan mudah mencari produk yang dijual
* Deskripsi produk jelas dan informatif, menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh calon pembeli,
* Desain rapih dan nyaman di baca di berbagai perangkat
* Gambar produk jelas dan tidak buram, kalau perlu berikan foto-foto produk selengkap mungkin
* Proses pembelian jelas dan tidak berbelit-belit.

Membangun Kepercayaan

Kemudian selanjutnya, kamu juga perlu membangun kepercayaan calon pelanggan terhadap toko online milikmu. Hal ini juga akan berhubungan dengan kualitas customer service yang kamu berikan.

Beberapa poin penting dalam membangun kepercayaan serta meningkatkan kualitas customer support anda adalah sebagai berikut:
* Usahakan tetap ramah walaupun menghadapi pelanggan yang menyebalkan sekalipun,
* Selalu berpatokan pada syarat dan termin penjualan yang anda tetapkan pada jualan online anda,
* Pelanggan akan lebih ragu saat membeli via online, dan beberapa dari mereka akan banyak bertanya, jadi usahakan kamu sabar menanggapi mereka,
* Jangan baper apabila pelanggan hanya bertanya dan tidak membeli, itu hal lumrah yang terjadi baik pada toko online maupun offline.

Mempertebal Persiapan Mental

Mental pebisnis adalah hal yang sangat amat penting untuk memenangkan persaingan. Apalagi dengan rimba dunia bisnis online yang semakin hari semakin sulit pula.

Untuk semakin mempersiapkan mental, sebaiknya kamu juga perlu melakukan hal-hal berikut:
* Tentukan jam kerja, supaya kamu bisa tetap membagi waktu untuk melakukan kegiatan lainnya.
* Gunakan bahasa yang sopan saat berkomunikasi dengan pelanggan.
* Jaga temperamen anda dan percayalah kesabaran anda akan membuahkan hasil,
* Bangun pagi banyak rezeki, jadi biasakan untuk tidak bangun terlalu siang, dan disiplin terhadap diri sendiri, anggap kamu bekerja di kantor atau perusahaan,(terutama bagi anda yang jualan online secara full time).

Menghitung Biaya Produksi atau Operasional atas Produk dan Jasa

Selanjutnya, sebelum mulai menjual produk atau jasa yang sudah kamu tentukan tersebut, kamu juga harus melakukan perhitungan berapakah biaya produksi atau operasional yang akan kamu keluarkan di muka sebelum nantinya kamu jual kembali.

Tidak perlu terlalu rumit dalam melakukan tahapan ini. Kamu hanya perlu membuat daftar produk atau jasa pada Microsoft Excel untuk kemudian kamu masukkan daftar harga jual mereka yang ditawarkan oleh provider.

Apabila kamu juga perlu mengambil barang dari supplier, maka kamu juga perlu memperkirakan berapa biaya akomodasi dan transportasi (misalnya bensin), alias biaya logistik, dari produk yang akan dijual tersebut.

Jangan lupa, aspek harga adalah hal yang amat penting dalam berbisnis baik online maupun offline. Tips jualan online yang bisa kamu terapkan adalah memberikan harga paling terjangkau dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada.

Menentukan Harga Jual atas Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Setelah biaya produksi dari masing-masing produk atau jasa sudah kamu tentukan, selanjutnya adalah menentukan berapa harga jual yang akan kamu terapkan untuk masing-masing produk atau jasa tersebut.

Umumnya, suatu produk akan dijual minimal 30 persen dari biaya produksinya, jadi misalnya biaya pembelian dari satu produk adalah Rp50.000 maka harga jualnya adalah sekitar Rp50.000 + (30 persen x Rp50,000) = Rp50.000 + Rp15.000 = Rp65.000.

Penentuan di atas hanyalah sebagai acuan, karena bisa saja kamu juga perlu mengeluarkan biaya lainnya seperti bensin dan sebagainya, atau juga estimasi biaya listrik dan atau sewa tempat.

Membuat Rencana Bisnis untuk Produk atau Jasa Tersebut

Tahapan cara berjualan online selanjutnya adalah membuat suatu rencana bisnis, yang biasanya berisikan ketiga poin di atas. Kamu bisa menambah beberapa poin yang akan kami sampaikan selanjutnya, seperti menentukan platform jualan dan juga anggaran untuk promosi.

Beda platform online yang digunakan tentu saja membutuhkan pendekatan yang berbeda. Misalnya saja jualan through Instagram yang mengedepankan materi visible ciamik dan materi promosi di Facebook yang bisa lebih element.

Dalam menyusun rencana bisnis, ada baiknya kamu membuatnya dengan ringkas dan jelas, sehingga kamu dapat memahaminya dengan mudah saat akan membacanya.

Rencana bisnis ini juga berguna apabila kamu ingin mencari investor, dan poin-poin yang umumnya ada adalah:
* Produk atau jasa apa yang akan dijual
* Estimasi biaya produksi dan operasional
* Perkiraan harga jual dari produk atau jasa
* Estimasi target penjualan bulanan
* Berapa lama anda akan BEP (Break Even Point) alias balik modal

Bergabung dalam Komunitas Penjual Online

Bergabung dengan komunitas penjual online yang ada di grup Facebook, grup Whatsapp, ataupun discussion board-discussion board seperti kaskus, detik, dan lain sebagainya juga akan dapat membantumu belajar banyak dari pengalaman orang lain. Kamu mungkin akan bertemu pedagang online yang sejenis tapi bukan berarti tidak bisa mengambil manfaatnya.

Kamu juga bisa mencari mentor ataupun mereka yang tidak segan untuk berbagi secara khusus suggestions dan trik yang bisa kamu coba. Bahkan kamu juga bisa menemukan jaringan supplier di sini. Membangun jaringan adalah hal yang penting ketika kamu menerapkan ideas jualan online.

Karena itu, jangan enggan bergabung dengan komunitas tersebut untuk saling berbagi pengalaman dan pelajaran. Kamu bisa mendapatkan pelajaran dalam bisnis online lewat pengalaman yang kamu dapatkan dalam komunitas tersebut.

Bisnis online memang sekilas terlihat mudah diaplikasikan dan gampang menghasilkan uang. Namun dengan pergeseran mode bisnis tentu saja semakin banyak pesaing dan tantangan yang bermunculan. Kamu hanya akan menjadi pemenang dalam persaingan ini jika cermat menerapkan ideas jualan online ini dan tentu saja memberikan yang terbaik bagi konsumen.