Berita

Trik Jitu Memasak Ikan Goreng Tepung yang Lezat dan Renyah

Hello Sobat Viraljagad! Siapa yang tidak suka dengan ikan goreng tepung yang lezat dan renyah? Ikan goreng tepung memang menjadi salah satu hidangan favorit yang sering kita temui di restoran atau warung makan. Rasa gurih dan tekstur renyah dari ikan goreng tepung membuatnya menjadi pilihan yang tak bisa ditolak oleh banyak orang. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa trik jitu untuk memasak ikan goreng tepung yang lezat dan renyah. Yuk, simak bersama-sama!

Pilih Jenis Ikan yang Tepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghasilkan ikan goreng tepung yang lezat adalah memilih jenis ikan yang tepat. Pilihlah ikan segar dengan daging yang kenyal dan tidak berbau amis. Beberapa jenis ikan yang cocok untuk dijadikan ikan goreng tepung antara lain ikan tenggiri, ikan kakap, atau ikan bandeng. Pastikan ikan yang kamu pilih sudah dibersihkan dan dipotong sesuai dengan seleramu.

Rendam Ikan dengan Bumbu Dasar

Setelah kamu memilih ikan yang tepat, langkah selanjutnya adalah merendam ikan dengan bumbu dasar. Bumbu dasar ini akan memberikan rasa yang lebih nikmat pada ikan goreng tepungmu. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, merica, dan air jeruk nipis. Rendam ikan dalam campuran bumbu ini selama kurang lebih 15-30 menit agar bumbu meresap dengan baik ke dalam ikan.

Buat Adonan Tepung yang Pas

Adonan tepung yang pas adalah kunci dari kelezatan ikan goreng tepungmu. Untuk membuat adonan tepung yang tepat, campurkan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, baking powder, bawang putih bubuk, garam, dan merica. Tambahkan air secukupnya sambil terus diaduk hingga adonan memiliki tekstur yang agak kental dan tidak terlalu cair. Pastikan adonan tepung sudah tercampur dengan baik dan tidak ada gumpalan.

Gunakan Minyak yang Banyak

Salah satu trik jitu agar ikan goreng tepungmu menjadi renyah adalah menggunakan minyak yang banyak saat menggoreng. Pastikan minyak sudah dipanaskan dengan baik sebelum kamu mulai menggoreng ikan. Gunakan minyak yang cukup banyak agar ikan dapat terendam sepenuhnya dan hasilnya akan lebih renyah. Jangan lupa untuk membalikkan ikan secara perlahan agar matang merata dan tidak terlalu berwarna kecokelatan.

Tiriskan Ikan dengan Benar

Setelah ikan goreng tepungmu sudah matang dan berwarna kecokelatan, angkat ikan dan tiriskan dengan benar. Gunakan wadah berisi kertas minyak atau tissue dapur untuk menyerap kelebihan minyak pada ikan. Dengan meniriskan ikan dengan benar, ikan goreng tepungmu akan tetap renyah dan tidak terlalu berminyak. Jangan lupa untuk meletakkan ikan goreng tepungmu di atas rak agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik.

Tambahkan Bumbu Taburan

Untuk memberikan sentuhan terakhir pada ikan goreng tepungmu, tambahkan bumbu taburan sesuai dengan selera. Kamu bisa menambahkan bawang putih goreng, daun ketumbar cincang, atau irisan jeruk nipis. Bumbu taburan ini akan memberikan aroma dan rasa yang lebih segar pada ikan goreng tepungmu. Jangan takut mencoba berbagai variasi bumbu taburan sesuai dengan selera dan kreasi kamu!

Kesimpulan

Dengan mengikuti trik-trik jitu di atas, kamu bisa menghasilkan ikan goreng tepung yang lezat dan renyah di rumah. Pastikan kamu memilih ikan yang segar, merendam ikan dengan bumbu dasar, membuat adonan tepung yang pas, menggunakan minyak yang banyak, meniriskan ikan dengan benar, dan menambahkan bumbu taburan yang sesuai dengan selera. Selamat mencoba dan semoga sukses!