• Fri. Jul 30th, 2021

Jagad Viral

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

Menilik 5 Manfaat Chia Seed Yang Jarang Diketahui

Byviraljagad

Jan 8, 2021

Pernahkah Anda mendengar atau mengetahui apa itu Chia Seed? Saat ini, Chia Seed banyak diperbincangkan di kalangan para pecinta makanan organik. Meski ukurannya kecil, konon makanan jenis biji-bijian ini memiliki banyak sekali manfaat dan sangat baik untuk tubuh manusia.

Chia Seed termasuk ragam biji-bijian yang diperoleh dari tanaman Salvia Hispanica L yang tumbuh subur di daratan Mexico dan Amerika Selatan. Tetapi, kabar baiknya saat ini Chia Seed sudah bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia, bahkan termasuk makanan organik yang banyak penggemarnya.

Kamu pernah mencobanya? Chia Seed ini memiliki rasa yang hambar, hampir tidak ada rasanya. Sehingga untuk mengkonsumsinya, Anda perlu makanan pendamping lainnya, seperti yoghurt, jus, salad, bubur oat, dan masih banyak lagi. Itupun, Anda harus merendamnya dengan air terlebih dulu beberapa menit.

Makanan organik satu ini mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain: protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serat, asam lemak omega, magnesium, zink, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, maka wajar saja jika pecinta makanan organik sangat menggemarinya meski rasanya yang tak begitu lezat.

Bagi pecinta makanan organik, beberapa dari mereka pastilah sudah pernah melakukan studi literatur akan manfaat dari biji-bijian satu ini. Nah kali ini, kami akan mengungkap manfaat Chia Seed yang bisa Anda dapatkan.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memulai program diet, tidak ada salahnya Anda memasukkan Chia Seed ke dalam menu harian. Kadar serat yang tergolong tinggi pada Chia Seed bisa membantu proses penurunan berat badan dengan cepat.

Serat berguna untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat akan membentu proses metabolisme pencernaan agar lancar, pun membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh, kemudian melarutkannya keluar.

Tidak hanya itu, kandungan protein di dalamnya berguna untuk merangsang pembentukan otot. Alhasil, kurus tak hanya kurus, tetapi kurus yang ideal karena otot dalam tubuh bertambah.

Memelihara Kesehatan Jantung

Selain protein dan serat, Chia Seed juga mengandung lemak baik dan antioksidan yang sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung. Beberapa penelitian mengungkap, dengan mengkonsumsi Chia Seed, seseorang dapat terhindar dari pengerasan pembulu darah jantung. Akan tetapi, efek ini haruslah diimbangi dengan menjaga pola atau gaya hidup yang sehat dan teratur.

Menjaga Kepadatan Tulang

Semakin bertambah usia, maka umumnya kepadatan tulang justru semakin berkurang. Nah, dengan Chia Seed kita bisa menjaga kepadatan tulang, karena Chia Seed mengandung tinggi kalsium, magnesium, dan juga fosfor yang berguna mencegah osteoporosis. Agar kandungan ini bekerja maksimal, Anda tetap perlu mengimbangi dengan tambahan asupan nutrisi lainnya ya.

Ramah Penderita Diabetes

Beberapa penelitian mengungkapkan adanya keterkaitan mengkonsumsi Chia Seed dengan efek turunnya resiko diabetes tipe 2. Dari studi yang dicanangkan, hasil simpulan diketahui bahwa Chia Seed mampu mencegah naiknya gula dalam darah. Efek ini diperkirakan karena dalam Chia Seed terdapat serat dan karbohidrat kompleks, serta terbukti rendah glukosa.

Baik Untuk Penderita Divertikulosis

Selain baik untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh, kandungan serat pada biji Chia Seed dipercaya ampuh mengatasi permasalahan divertikulosis. Beberapa studi menunjukkan, penderita divertikulosis merasa teringankan setelah rutin mengkonsumsi makanan organik satu ini.

Para pembaca yang budiman, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi Chia Seed. Sekali lagi, untuk mendapatkan kesehatan yang prima, selain mengkonsumsi makanan bernutrisi, kita juga perlu mengimbangi dengan gaya hidup sehat.