Berita

Mengenal Beberapa Rumus Luas Permukaan Bola

Rumus luas permukaan bola merupakan salah satu materi pelajaran matematika untuk kelas 6, 7, dan 8. Untuk menghitung rumus ini sebenarnya tidak sulit karena rumusnya terbilang tidak rumit. Kita hanya perlu mengalikan empat luas lingkaran yang jari – jarinya sama. Dengan menggunakan rumus yang sederhana ini, kita bisa mengetahui luas permukaan bola.

Nah, agar dapat memahami lebih baik lagi, simak penjelasan di bawah ini :

1. Mengenal Bentuk Bola Dan Luas Permukaanya

Bola merupakan salah satu ruang sisi lengkung yang mempunyai bidang berbentuk lengkungan pada bagian permukaannya. Bentuk lengkungan pada bola tak terhingga dengan jari – jari yang sama dan berpusat di titik yang sama.

Jadi, bola bisa dibilang merupakan bangun ruang dengan sisi lengkung yang mempunya satu sisi saja. Selain bola, masih ada bangun ruang lain yang mempunyai sisi lengkung lainnya yaitu bangun tabung dan kerucut.

Luas permukaan bola sama dengan empat kali luas lingkaran yang memiliki jari – jari sama dengan jari – jari bola.

2. Rumus Luas Permukaan Bola, Bola Padat, dan Bola Setengah

Agar kita bisa menghitung luas permukaan bola, maka tentu saja kita membutuhkan rumus luas permukaan bola. Rumusnya sederhana dan tidak rumit. Sebab, pada dasarnya rumus luas permukaan bola sama dengan empat kali luas lingkaran yang memiliki jari – jari dengan nilai yang sama. Dengan demikian, kita hanya perlu mengalikan jari – jari tersebut dengan bilangan empat.

Adapun rumus luas permukaan bola secara lengkap, yaitu :

L = 4 x π x r2

Rumus diatas adalah rumus menghitung luas permukaan bola yang biasa. Lantas, bagaimana rumus menghitung luas permukaan bola setengah? Sebenarnya, kita hanya tinggal mengganti bilangan 4 dengan angka 2.

Sebab, luas permukaan bola setengah adalah dua kali luas lingkaran yang memiliki jari – jari dengan nilai yang sama.

Jadi, rumus luas permukaan bola setengah yaitu :

L + 2 x π x r2

Sementara itu untuk menghitung luas permukaan bola padat yang memiliki tiga kali luas lingkaran dengan jari – jari yang sama, maka rumusnya adalah sebagai berikut :

L = 3 x π x r2

Sebagai informasi :

  • Simbol (π) yang dibaca phi ini merupakan bilangan tetap yang disertakan dalam setiap perhitungan rumus bola, mulai dari rumus luas permukaan bola hingga rumus volume bola.

Bilangan tetap (π) ini merupakan angka 22/7 jika jari – jari atau diameter bola bisa dibagi dengan angka 7 atau merupakan kelipatan dari angka 7. Jika jari – jari yang ada pada bola tidak bisa dibagi dengan angka 7 atau bukan merupakan kelipatan 7, maka π atau bilangan tetapnya adalah 3,14.

  • Sedangkan, r dalam rumus luas permukaan bola adalah jari – jari. Ukuran jari – jari yang ada pada bola adalah dua kali lipat dari ukuran diameter bola.

Jadi, jika kita nanti mendapatkan soal yang didalamnya hanya menyertakan diameter bola saja, maka kita hanya tinggal membaginya menjadi dua.

Itulah rumus – rumus luas permukaan bola yang perlu kita ketahui. Dengan mengetahui cara menghitung luas permukaan bola menggunakan rumus – rumus yang telah disebutkan diatas, kita sebagai orang tua diharapkan bisa mengajarkannya kembali pada anak saat mereka mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau tugas sekolahnya.